DAFTAR LENGKAP ARTIKEL PRIVATE ZONE

Tips Aman Tarik Uang Dari ATM

Di awal Tahun 2010 ini pencurian data nasabah bank yang mengakibatkan hilangnya sejumlah uang di ATM begitu marak. Pencurian uang melalui ATM ini terungkap saat sang nasabah melakukan print out terhadap buku tabungan mereka. Tidak tanggung-tanggung, sekitar 10-100jt hilang begitu saja. Penarikan dana dilakukan secara bertahap diberbagai ATM di Bali dan Jakarta.

Untuk itu selalu waspada dalam menggunakan ATM, meskipun melakukan transaksi di mesin ATM ataupun melalukan transaksi melalui mesin gerek yang ada dikasir toko.

Berikut cara aman untuk bertansaksi dalam penggunaan ATM :

* Pilihlah mesin ATM yang berada di tempat keramaian, seperti di pusat-pusat perbelanjaan atau kantor-kantor yang menyediakan gerai ATM. Karena di tempat tersebut dilengkapi dengan sekuriti.
* Pastikan di mesin tersebut dilengkapi dengan CCTV. Hal ini untuk mengantisipasi apabila Anda menjadi korban di mesin ATM, pelaku bisa dikenali lewat CCTV
* Hindari penggunaan mesin ATM di tempat-tempat yang sepi. Apabila ada orang yang mencurigakan, sebaiknya batalkan untuk menggunakan ATM
* Setelah yakin mesin ATM Anda aman dan bisa digunakan, pastikan orang yang di belakang Anda tidak mengintip ketika Anda memasukkan kartu ATM Anda. Rahasiakan kode Personal Identification Number (PIN) dengan cara
menutupinya dengan tangan atau tas. “Bila perlu, jadikan badan Anda sebagai pelindung,”
* Hindari pengambilan uang yang berlebih, tariklah uang sesuai kebutuhan Anda. Pelaku biasanya mengincar orang yang membawa uang cash dalam jumlah yang banyak.
* Setelah Anda melakukan transaksi, sebaiknya Anda masukkan lagi kartu Anda dan masukkan PIN secara acak yang tidak sesuai dengan PIN Anda, lalu batalkan proses transaksi di ATM. Hal ini untuk menghindari kemungkinan PIN tersebut masih “termemori” di mesin ATM.
* Setelah transaksi selesai, jangan lupa untuk mengeluarkan kartu ATM Anda, jangan sampai tertinggal di mesin. Dan jangan lupa untuk menyobek struk transaksi Anda atau bila perlu, bawalah serta struk tersebut.
* Bila kartu ATM Anda mengalami masalah atau tertelan, jangan panik. Segera telepon call center bank Anda. Mintalah call center bank untuk memblokir kartu ATM Anda. Jangan terbujuk orang yang menawarkan bantuan Anda untuk mengeluarkan kartu Anda.
* Setelah keluar dari gerai ATM, pastikan Anda tidak diikuti orang. Setelah yakin aman, Anda bisa melakukan aktivitas lainnya dengan aman

0 Komentar:

 

Pengikut

Entri Populer